Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Cara Memperkuat Medan Magnet pada Elektromagnet

Cara Memperkuat Medan Magnet pada Elektromagnet

Sebelumnya Elind sudah membahas Pengertian Induksi Listrik , Induksi Elektromagnetik dan Rangkuman Materi Dasar-Dasar Kelistrikan dan Magnet. Nah kali ini Elka akan membahas Kuat Medan Magnet. Penghantar dalam beberapa gulungan akanmemperkuat medan magnet. Kompas bergerak karena dipengaruhi oleh medan magnet. Ini berarti bahwa gerakan kompas seperti pada percobaan di atas adalah akibat adanya medan magnet yang dihasilkan oleh gerakan elektron pada kawat penghantar.

Cara Memperkuat Medan Magnet pada Elektromagnet

Cara Memperkuat Medan Magnet pada Elektromagnet

Cara memperkuat medan magnet pada elektromagnet ada 3 macam yaitu :

1. Memperkuat medan magnet dengan membuat inti besi pada kumparan

Cara ini dilakukan dengan jalan meletakkan sepotong besi di dalam kumparan yang dialiri listrik. Besi tersebut akan menjadi magnet tidak tetap (buatan atau remanen). Karena inti besi menjadi magnet, maka inti besi itu akan menghasilkan medan magnet. Di lain pihak kumparan juga akan menghasilkan medan magnet pada arah yang sama pada inti besi.

Hal ini akan menyebabkan terjadinya penguatan medan magnet. Penguatan medan magnet diperoleh dari penjumlahan medan magnet yang dihasilkan oleh besi dengan medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan.

2. Memperkuat medan magnet dengan menambah jumlah kumparan

Tiap-tiap kumparan elektromagnet menghasilkan medan magnet. Dengan penambahan jumlah kumparan sudah tentu akan memperkuat medan magnet secara keseluruhan. Kuatnya medan elektromagnet merupakan jumlah dari medan magnet yang dihasilkan oleh masing-masing lilitan.

3. Memperkuat medan magnet dengan memperbesar arus yang mengalir pada kumparan

Besarnya arus yang dialirkan pada kumparan berbanding lurus dengan besarnya medan magnet. Setiap elektron yang mengalir pada penghantar menghasilkan medan magnet. Dengan demikian medan total  tergantung dari banyaknya elektron yang mengalir setiap detik atau kuat medan total ditentukan oleh besarnya arus yang mengalir pada kumparan.

Semoga artikel Cara Memperkuat Medan Magnet pada Elektromagnet diatas bermanfaat!

elektronika | April 5th, 2012 | 1 Comment
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags