Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

DASAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL

DASAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL.

merupakan modul bahan ajar praktikum berisi pengetahuan, pengenalan, penggunaan tentang dasar macam dan karakteristik komponen-komponen elektronika serta sistem pembilangan dan gerbang dasar maupun kombinasional.

Modul ini menekankan pada penguasaan ilmu elektronika analog dan digital yang mencakup tentang pengetahuan dasar teori atom; bahan penghantar, isolator dan semikonduktor, serta sistem pembilangan dan gerbang dasar maupun kombinasional meliputi : Kegiatan Belajar 1 berisi pengetahuan dasar teori atom. Kegiatan belajar 2 berisi pengetahuan sifat dan macam bahan penghantar, isolator dan semikonduktor. Kegiatan Belajar 3 berisi pengetahuan  dasar penyearah. Kegiatan belajar 4 berisi tentang sistem bilangan dan Kegiatan belajar 5 berisi tentang gerbang dasar dan kombinasi. Dengan menguasai modul ini peserta diklat mampu menguasai konsep dasar teori atom sebagai dasar pembuatan komponen-komponen elektronika dan aplikasi komponen elektronika seperti dioda, transistor berdasar karakteristik masing-masing komponen. Selain itu juga peserta diklat memahami tentang sistem bilangan dan gerbang logika dasar dan kombinasi.

Petunjuk bagi Peserta Diklat DASAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL

Peserta diklat diharapkan dapat berperan aktif dan berinteraksi dengan sumber belajar yang dapat digunakan, karena itu harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Langkah-langkah belajar yang ditempuh

1)  Persiapkan alat dan bahan!

2)  Bacalah dengan seksama uraian materi pada setiap kegiatan belajar!

3)  Cermatilah langkah-langkah kerja pada setiap kegiatan belajar sebelum mengerjakan, bila belum jelas tanyakan pada instruktur!

4)  Jangan menghubungkan alat ke sumber tegangan secara langsung sebelum disetujui oleh instruktur!

5)  Kembalikan semua peralatan praktik yang digunakan!

Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan

Guna menunjang keselamatan dan kelancaran tugas/ pekerjaan yang harus dilakukan, maka persiapkanlah seluruh perlengkapan yang diperlukan. Beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan adalah:

1)    Pakaian kerja (wearpack)

2)    Penghantar, isolator dan bahan semikonduktor

3)  Komponen elektronika, seperti dioda, transistor

4)  IC TTL

Hasil Pelatihan

Peserta diklat mampu menguasai dasar elektronika analog dan digital.

DASAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL

elektronika | December 26th, 2012 | No Comments
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags