Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Dasar Mikroprosesor :: Bagian Utama Mikroprosesor

Dasar Mikroprosesor :: Bagian Utama Mikroprosesor – Hadir kembali di blog Elektronika Industri yang kali ini akan mengupas tentang Bagian Utama Mikroprosesor dimana pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang  Mikro Prosesor :: Perkembangan Sistem Mikroprosesor. Untuk lebih detailnya mari kita simak artikel di bawah ini.

Bagian Utama Mikroprosesor

Komponen utama sebuah sistem Mikroprosesor tersusun dari lima unit pokok: unit mikroprosesor atau Microprocessor Unit ( MPU) atau CPU, unit memori baca atau Read Only Memory (ROM), unit memori baca tulis atau Read Write Memory (RWM), unit masukan keluaran terprogram atau Programmable Input Output(PIO) dan unit detak/Clock.

Dasar Mikroprosesor :: Bagian Utama Mikroprosesor

Dasar Mikroprosesor :: Bagian Utama Mikroprosesor

Gambar  Blok Diagram Sistem Mikroprosesor

 

MPU adalah sebuah CPU yang tersusun dari tiga bagian pokok yaitu:

  • Control Unit (CU)
  • Arithmetic Logic Unit (ALU)
  • Register Unit (RU)

 

Sebagai CPU, MPU bekerja dan melakukan fungsi dasar yaitu fungsi Logika dan Aritmetika. Fungsi Logika antara lain fungsi AND, OR, XOR, CPL, dan NEG. Sedangkan fungsi Aritmetika antara lain: ADD, SUB, ADC, SBC, INC, dan DEC.

Disamping fungsi pengolahan Aritmetika dan Logika MPU juga melakukan fungsi pengalihan data dengan menggunakan perintah MOV, atau LOAD, EXCHANGE, PUSH, dan POP. Untuk menyimpan program dan data yang digunakan pada sistem Mikroprosesor harus dilengkapi dengan Memori.

 

Jadi memori mutlak diperlukan dalam Sistim Mikroprosesor. Tanpa ada memori Sistim Mikroprosesor tidak dapat bekerja terutama memori program dalam ROM.

I/O unit dipersiapkan untuk menghubungkan MPU dengan alat-alat input-output luar seperti Keyboard, Monitor, Printer, Mouse, dan sebagainya.

 

Sistim Bus

Mikroprosesor berkomunikasi dengan unit memori, unit I/O menggunakan saluran yang disebut dengan BUSS. Setiap Mikroprosesor dilengkapi dengan tiga bus sebagai berikut:

 

Tabel Sistem Bus

Nama Buss

Sifat

Arah Data

dari CPU

Jumlah Saluran

Bus Data

Dua arah

Masuk dan Keluar

8 bit

Bus Alamat

Satu arah

Keluar

16 bit

Bus Kendali

Satu arah

Masuk dan Keluar

10–12 bit

 

Alih data diantara MPU dengan komponen luar berlangsung pada Bus Data. Mikroprosesor standar memiliki saluran bus data 8 bit dua arah artinya alih data atau informasi berlangsung pada 8 saluran paralel dari MPU ke unit lain diluar MPU atau dari unit lain di luar ke MPU.

Untuk menetapkan kemana data itu dikirim atau dari mana data itu diambil di gunakan bus alamat. Bus alamat bertugas menetapkan dan memilih satu lokasi memori atau satu lokasi I/O yang hendak di akses.

Bus Kendali adalah seperangkat bit pengendali yang berfungsi mengatur: (1) Penyerempakan memori, (2) Penyerempakan I/O, (3) Penjadualan MPU, Interupsi, DMA , (4) Pembentuk Clock, dan Reset.

Demikianlah informasi tentang Dasar Mikroprosesor :: Bagian Utama Mikroprosesor dari Elektronika Industri. Jangan lupa share ke temen-temen yang lain ya melalui facebook, twitter dan googleplus. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan pengunjung blog ini mengenai Bagian Utama Mikroprosesor.

Dasar Mikroprosesor :: Bagian Utama Mikroprosesor

elektronika | April 18th, 2013 | 1 Comment
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags