Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Daya Listrik :: Pengertian Usaha dan Daya Listrik

Daya Listrik :: Pengertian Usaha dan Daya Listrik – Hadir kembali di blog Elektronika Industri yang kali ini akan mengupas tentang Pengertian Usaha dan Daya Listrik dimana pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang  Usaha dan Daya Mekanik. Untuk lebih detailnya mari kita simak artikel di bawah ini.

Pengertian Usaha dan Daya Listrik

Daya Listrik :: Pengertian Usaha dan Daya Listrik

Daya Listrik :: Pengertian Usaha dan Daya Listrik

Pada prinsipnya cara menentukan usaha dan daya listrik sama dengan mendapatkan usaha dan daya mekanik, tetapi dalam usaha listrik ini yang dipindahkan adalah elektron-elektron dari kutub negatif ke kutub positif dari sumber arus listrik. Dirumuskan : P = W/t , dimana W adalah usaha listrik dalam satuan volt-coulomb atau joule, V adalah tegangan listrik dalam satuan volt, dan Q adalah banyaknya muatan listrik dalam satuan coulomb.

Karena  Q = I x t, maka  W = V x Q  = V x I . t , sehingga  :

W = V x I x t                   atau                 W = P x t

Contoh 3.2

Sebuah lampu pijar tertulis 100 W/220 volt dipasang pada tegangan 110 volt selama satu jam. Berapakah energi yang digunakan oleh lampu tersebut ?

Jawab :

Daya yang dipakai      :  P = (110/220)^2 x 100 watt = 25 watt

Energi yang dipakai    :  W = P x t    à  t = 1 jam = 3600 detik

= 25 x 3600  = 90.000  joule

karena      V = I x R,   maka  :    W = V x I x t    = I x R x I x t ,  sehingga :

W = I^2 R t      atau    W = V^2/R x t

dengan W : usaha listrik (watt-detik atau joule), V : tegangan listrik (volt), I : arus listrik (ampere), R : tahanan listrik (ohm) dan t : waktu (detik atau second).

Satuan yang digunakan untuk daya listrik adalah watt (W), yang diambil  untuk menghormati seorang sarjana Skotlandia James Watt (1736-1819). Satuan yang lebih besar atau kecil biasanya digunakan adalah mega watt, kilo watt atau milli watt, dimana :  1 MW  (=  106  watt), 1 KW (= 103 watt), dan 1 mW (= 10-3 watt). Sedangkan satuan untuk usaha listrik biasanya digunakan KWh atau MWh, dimana :

1 KWh   = 3.600.000  watt-detik    dan   1MWh    = 1000 KWh

Demikianlah informasi tentang Daya Listrik :: Pengertian Usaha dan Daya Listrik dari Elektronika Industri. Jangan lupa share ke temen-temen yang lain ya melalui facebook, twitter dan googleplus. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan pengunjung blog ini mengenai Pengertian Usaha dan Daya Listrik.

Daya Listrik :: Pengertian Usaha dan Daya Listrik

elektronika | April 25th, 2013 | 1 Comment
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags