Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Jenis-Jenis Magnet

Jenis-Jenis Magnet

Kita sudah mengenal apa arti magnet itu. Jika belum silahkan membaca posting sebelumnya. Magnet dapat digolongkan atas 2 (dua) jenis.

1. Magnet tetap (permanen)

Magnet tetap adalah magnet yang diperoleh dari dalam alam ( penambangan ). Jenis Magnet ini berupa jenis besi yang disebut Lodstone. Sifat atom magnet tetap tidak sama dengan sifat atom magnet tidak tetap. Pada bahan magnat, garis edar elektron pada atom yang satu dan lainnya membentuk formasi yang sejajar dan selalu tetap. Sedangkan pada bahan yang bukan magnet, arah garis edar elektron pada setiap atom tidak teratur.

2. Magnet tidak tetap (remanen atau buatan)

Magnet tidak tetap terdiri dari 2 (dua) macam, yaitu :

a. Jenis Magnet Hasil Induksi

Magnet hasil induksi ini dibuat dari besi atau baja. Untuk membuatnya menjadi magnet, diperlukan pengaruh medan magnet dari luarnya.

Medan magnet akan mempengaruhi arah edar elektron menjadi teratur seragam pada satu arah saja. Hasilnya adalah besi tersebut akan menjadi magnet. Proses pembuatan magnet ini disebut induksi.  Sedangkan magnet yang dibuat disebut magnet hasil induksi.

Jenis Magnet hasil induksi bersifat sementara. Mengapa demikian ?  Karena apabila medan magnet yang dibuat di sekitarnya dihilangkan, maka garis elektron akan kembali keposisi tidak teratur. Dengan kata lain kemagnetannya menjadi hilang.

Jenis-Jenis Magnet

Induksi Magnet

Magnet hasil induksi bersifat sementara. Mengapa demikian ?  Karena apabila medan magnet yang dibuat di sekitarnya dihilangkan, maka garis elektron akan kembali keposisi tidak teratur. Dengan kata lain kemagnetannya menjadi hilang.

b. Jenis Magnet hasil perlakuan listrik

Magnet ini dibuat dari baja lunak ( baja karbon rendah ). Baja ini dipilih karena  sifat baja lunak sifat kemagnetannya relatif mudah dihilangkan. Penghilangan sifat magnet ini  memang  diperlukan untuk hampir semua peralatan magnet hasil perlakuan listrik karena seringkali kutub-kutub magnetnya harus berubah-ubah pada kecepatan tertentu.

Jenis-Jenis Magnet

Memakai Inti besi untuk memperkuat medan magnet

Untuk  membentuk magnet ini, diperlukan  elektro-magnet (akan dijelaskan selanjutnya) sebagai bahan sumber medan magnet.

Demikianlah Jenis-Jenis magnet yang terbagi dalam 2 jenis, semoga menambah pengetahuan.

elektronika | June 24th, 2011 | 4 Comments
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags