Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Kamus Istilah Komponen Elektronika

Kamus Istilah Komponen Elektronika

Bipolar adalah Jenis Transistor yang memiliki dua buah Polaritas Basis- Emitor dan Basis-Kolektor.

Coulomb adalah Satuan banyaknya muatan listrik dalam satuan waktu detik.

DIAC adalah Thyristor Dioda yang memiliki dua arah Junction, sehingga dapat dipakai sebagai tranducser/sensor penggerak.

DIODA adalah Semikonduktor yang memiliki satu Polar, memiliki dua elektroda Anoda dan Katoda, arus mengalir dari Anoda ke Katoda, ada beberapa macam :
Dioda Rectifier, Dioda Varactor, Dioda Scotky, Dioda Zener, Dioda Tunel masing-masing mempunyai kegunaan yang spesifik.

Dioda Bridge adalah Dua buah atau empat buah dioda yang dicetak dapam satu pack untuk penyearahan gelombang penuh dalam system catudaya.

Farad adalah Satuan kapasitas Kondensator 1 µF (mikro Farad) = 10 -6 F (Farad), 1 nF (nano Farad) = 10-3 µF = 10-9F dan 1 pF (Piko Farad) = 10-3nF =10-6 µF = 10-12 F

FET adalah Field Effect Transistor, Transistor Efek medan, memiliki tiga elektroda, Source (S), Drain (D) dan Gate (G).

Function Generator adalah Alat Pembangkit Sinyal Sinus, Square dan Tooth Saw, yang Outputnya dapat di atur nilai Frekuensi dan Tegangannya.

Henry adalah Satuan Induktansi Induktor (Kumparan) 1 H (Henry) = 1.000 mH (mili Henry) = 1.000.000 µH (mikro Henry)
Inti Besi adalah Sekat antar kumparan kawat berupa plat-plat besi

Inti Ferit adalah Sekat antar kumparan kawat dari bahan ferit

Induktor adalah Suatu komponen pasif yang terbuat dari kumparan kawat yang dimanfaatkan sebagai penahan arus listrik AC penerus aliran listrik DC

Inti Udara adalah Sekat antar kumparan kawat berupa udara

Kondensator adalah Suatu komponen pasif yang pemakaiannya sebagi pemutus aliran listrik searah dan penerus aliran listrik bolak-balik, umumnya dipakai sebagai komponen pendukung dalam pesawat elektronika Audio-Video.

LCD Liquid Crystal Display, yaitu crystal display yang banyak dipakai sebagai tampilan output seperti Jam elektronik, Monitor Computter dst.

LED adalah Light Emiting Dioda, Dioda yang dapat menyela bila diberi arus forward, pemakaiannya untuk indicator rangkaian elektronik.

Matching adalah Cocok/Sesuai ( Trafo dipakai penyesuai impedansi apabila terjadi perbedaan impedansi antara output rangkaian yang akan dirangkai kedalam input rangkaian yang lain)

MOSFET adalah Metal Oxid Semiconductor Fild Efect Transistor, Yaitu FET yang Gatenya di adop dengan Oksida Logam sehingga tidak dipengaruhi oleh aliran pembawa mayoritas muatan Source ke Drain.

Multimeter adalah Suatu alat yang dapat difungsikan pemakaiannya untuk mengukur komponen pasif pada fungsi Ohm meter.

Ohm ( Ω) adalah Satuan resistansi/tahanan listrik, setiap 1.000 Ohm = 1 K Ω, setiap 1.000 K Ω = 1 M Ω dan setiap 1.000 M Ω = 1 G Ω.

Oscilloscope adalah Alat Ukur yang dapat dipakai untuk menampilkan Arus dan Tegangan yang di ukur dalam satuan Volt/Div dan Time/Div.

Paralel adalah Penyambungan komponen jajar, elektroda komponen yang satu digabung dengan elektroda komponen yang lain, hanya ada dua titik penggabungan untuk setiap yang diparalelkan.

Power adalah  Daya, daya listrik atau daya penguatan pada rangkaian penguat.

Resistor adalah Suatu komponen pasif yang banyak dipakai dalam pesawat Elektronika Audio-Vidio yang fungsinya sebagai tahanan aliran arus listrik dan berfungsi sebagai penurun dan pembagi tegangan listrik.

SCR adalah Silicon Controll Rectifier, Thyristor yang memiliki tiga elektroda Anoda, Katoda dan Gate Omni Polar arus hanya mengalir dri Anoda ke Katoda apabila ada sinyal trigger dari Gate.

Seri adalah Penyambungan komponen yang penggabungan elektrodanya deret antar elektroda komponen yang satu terhadap komponen lain terdiri dari beberapa titik penggabungan sesuai jumlah komponen yang dirangkai seri.

Step Down adalah Penurun Tegangan ( Trafo tegangan sekunder lebih kecil disbanding tegangan primer)

Step Up adalah Penaik Tegangan ( Trafo tegangan sekunder lebih besar dari tegangan primer). Kamus Istilah Komponen Elektronika

Solar Crystal adalah yang dibuat dari pasir silica, panel-panel ini bila disinari sinar Matahari dapat menghasilkan Energi Listrik DC.

Transformator adalah Suatu komponen pasif yang dapat dipakai sebagai penaik tegangan (step up), penurun tegangan (step down) atau penyesuai impedansi (matching).

Transistor adalah Nama Komponen aktif yang memiliki tiga buah Elektroda, Emitor, Basis dan Kolektor. Ada dua tipe PNP dan NPN

Transistor Checker adalah Alat yang dapat dipakai untuk mengetahui Jenis Transistor, Kerusakan Transistor, Penguatan ransistor dan menentukan terminology Transistor.

TRIAC adalah Thyristor yang memiliki dua buah elektroda atau DIAC yang ada Gate nya, kegunaanya banyak dipakai sebagai alat sensor.

Uni Polar adalah Jenis Transistor FET, JFET, MOSFET yaitu dibuat dari bahan dasar lebih dari Junction 2 Lapis.

UJT adalah Uni Junction Transistor yaitu Transistor yang memiliki Elektroda Emitor, Basis 1 dan Basis 2, tidak memiliki Kolektor.

Kamus Istilah Komponen Elektronika

elektronika | March 21st, 2013 | No Comments
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags