Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Modul Dasar Rangkaian Listrik

Modul Dasar Rangkaian Listrik

Dasar Rangkaian Listrik merupakan modul bahan ajar praktikum berisi pengetahuan, pengenalan, penggunaan tentang dasar listrik arus searah dan arus bolak-balik, sifat dan macam bahan penghantar dan isolator.

Modul ini menekankan pada penguasaan ilmu kelistrikan mencakup tentang dasar rangkaian listrik arus searah dan arus bolak-balik, hukum-hukum kelistrikan, Sifat dan macam bahan penghantar dan isolator. Modul ini terdiri dari 3 kegiatan belajar, meliputi : Kegiatan Belajar 1 berisi pengetahuan rangkaian listrik arus searah. Kegiatan belajar 2 berisi pengetahuan tentang dasar rangkaian arus bolak-balik. Kegiatan Belajar 3 mengenai pengetahuan sifat dan macam bahan penghantar dan isolator.

Modul Dasar Rangkaian Listrik

Modul Dasar Rangkaian Listrik

Prasyarat

Modul Dasar Rangkaian Listrik tidak memerlukan prasyarat karena modul ini merupakan modul paling dasar pada bidang keahlian teknik telekomunikasi. Dasar rangkaian listrik merupakan modul dasar yang mendasari modul Peraturan Instalasi Listrik, Teknik Gambar Listrik dan Teknik Jaringan Listrik.

1. Petunjuk bagi Peserta Pendidikan dan Latihan (Diklat)

Peserta diklat diharapkan dapat berperan aktif dan berinteraksi dengan sumber belajar yang dapat digunakan, karena itu harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

a. Langkah-langkah belajar yang ditempuh

1) Persiapkan alat dan bahan!
2) Bacalah dengan seksama uraian materi pada setiap kegiatan belajar!
3) Cermatilah langkah-langkah kerja pada setiap kegiatan belajar sebelum mengerjakan, bila belum jelas tanyakan pada instruktur!
4) Jangan menghubungkan alat ke sumber tegangan secara langsung sebelum disetujui oleh instruktur!
5) Jika sudah selesai kegiatan belajar, kembalikan semua peralatan praktik yang digunakan!

b. Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan

Guna menunjang keselamatan dan kelancaran tugas / pekerjaan yang harus dilakukan, maka persiapkanlah seluruh perlengkapan yang diperlukan. Beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan adalah:

1) Lampu TL
2) Kawat Aluminium
3) Kawat tembaga
4) Baterai
5) Lampu indikator
6) Soket
7) Sakelar
8) Fuse / sekering
9) Kompas
10) Kabel penghantar
11) Induktor
12) Kapasitor
13) Resistor
14) Multimeter
15) Amperemeter
16) Voltmeter

c. Hasil Pelatihan

Peserta diklat mampu :
1) Mengidentifikasi rangkaian listrik arus searah.
2) Mengidentifikasi rangkaian listrik arus bolak-balik.
3) Mengidentifikasi jenis, sifat dan macam penghantar dan isolator.

2. Peran Guru

Guru yang akan mengajarkan modul ini hendaknya mempersiapkan diri sebaik-baiknya yaitu mencakup aspek strategi pembelajaran, penguasaan materi, pemilihan metode, alat bantu media pembelajaran dan perangkat evaluasi.
Guru harus menyiapkan rancangan strategi pembelajaran yang mampu mewujudkan peserta diklat terlibat aktif dalam proses pencapaian/ penguasaan kompetensi yang telah diprogramkan. Penyusunan rancangan strategi pembelajaran mengacu pada kriteria unjuk kerja (KUK) pada setiap subkompetensi yang ada dalam Gaaris-garis Besar Program Pengajaran (GBPP).

Modul Dasar Rangkaian Listrik

elektronika | March 27th, 2013 | 1 Comment
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags