Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Pengamatan dan Masalah Pengalih Daya Saat Starting Motor

Pengamatan dan Masalah Pengalih Daya Saat Starting Motor

Berbagai macam peralatan yang memerlukan cara-cara tertentu dalam menstarting Motor. Untuk motor yang berkapasitas diatas 10 HP memerlukan starting tertentu yaitu: Starting Y-Δ dan pengasutan dengan sistem low voltage (tegangan rendah).

Untuk starting Y-Δ Motor 3 Fasa biasanya saat mula jalan arus mencapai 6 kali arus nominal. Sehingga saat start kumparan Motor 3 Fasa terhubung Y, dan menyerap arus lebih kecil sepertiga arus start hubungan Δ. Setelah beberapa detik kemudian kumparan motor terhubung Δ.

Pengasutan sistem low voltage (tegangan rendah) adalah cara mengasut Motor dengan mengurangi tegangan, dengan alasan arus dan torsi motor tidak terlalu besar pada saat starting Motor. Sistim low voltage yang sering digunakan yaitu: 1. Pengasutan tahanan primer, 2.  Pengasutan autotrafo, dan 3. Pengasutan solid state (sistim SCR).

Berikut ini contoh rangkaian pengalih daya Pengasutan Tahanan Primer Motor 3 Fasa .

Pengamatan dan Masalah Pengalih Daya Saat Starting Motor

Rangkaian Pengendali dan Rangkaian Daya Pengasutan Tahanan Primer

Pengamatan yang dilakukan pada rangkaian peralatan pengalih daya Pengasutan Tahanan Primer Motor 3 Fasa adalah saat perpindahan pada kerja Kontaktor K1 ke Kontaktor K2. Pada perpindahan tersebut terdapat Resistor 1  ke Resistor 2 yang tujuannya untuk mengurangi tegangan ke kumparan motor.

Pengamatan dan Masalah Pengalih Daya Saat Starting Motor

elektronika | March 27th, 2013 | 1 Comment
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags