Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Pengukuran Arus

Pengukuran Arus

Amper meter adalah suatu alat ukur yang menera kuat arus listrik dalam satuan amper (A). didalam kepekaan ukur menunjukkan spesifikasi dari alat ukurnya. Cara pemakaian  alat ukur amper harus dihubungkan seri terhadap instrumen dari alat pemakai. Untuk mengukur arus yang lebih kecil digunakan alat ukur mili amper meter dan untulk yang lebih kecil dipergunakan mikro amper meter.

Pengukuran Arus

Penyambungan Amper meter

Pengukuran Arus

Apabila dalam pengukuran arus menggunakan AVO meter, maka selector harus ditempatkan pada posisi DcmA, jika menggunakan AVO analog, maka cara membaca hasil pengukuran adalah batas ukur dibagi dengan penyimpangan skala penuh kemudian dikalikan dengan penunjukkan jarum, atau dapat dituliskan dengan rumus:

Hasil = (batas ukur / simpangan skala penuh) x penunjukan

Misalkan sebuah AVO meter analog untuk mengukur arus dengan batas ukur 10 amper dan simpangan skala penuh 50, apabila penunjukkan jarum pada angka 5, maka besarnya pengukuran adalah: (10/50) x 5 = 1 amper

Apabila dalam pengukuran menggunakan AVO digital, maka pembacaan harga pengukuran tinggal melihat angka yang ditunjukkan dalam layar.

Pengukur amper harus mempunyai komponen tahana yang nilainya sangat kecil, agar tidak menimbulkan kerugian yang berarti terhadap alat yang diukur.

Pengukuran Arus

elektronika | December 2nd, 2012 | 8 Comments
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags