Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Rangkuman Materi Dasar-Dasar Kelistrikan dan Magnet

Dari beberapa posting sebelumnya yaitu mengenai Listrik, Konduktor, Semi Konduktor dan Isolator, Magnet, Jenis-Jenis Magnet, Sifat-Sifat Magnet, Induksi Elektromagnetik, dan Induksi Listrik, maka pada posting kali ini saya akan menyimpulkan dan merangkumnya menjadi beberapa point yaitu:

  1. Atom mempunyai elektron yang mengelilingi inti proton, dimana elektron bergerak pada garis orbitnya. Setiap atom terdiri dari proton, elektron dengan jumlah yang sama.
  2. Pada beberapa peristiwa elektron bisa meninggalkan atom-atom-nya: Benda yang bermuatan senama akan tolak menolak, sedangkan yang bermuatan tidak senama tarik menarik.
  3. Tembaga  mempunyai berjuta-juta elektron. Diperlihatkan hanya beberapa atom diumpamakan dengan satu elektron pada orbit luarnya. Jika elektron ditarik atom yang bermuatan positif, elektron meninggalkan atomnya. Atom ini berubah menjadi bermuatan positif (+) karena kurang elektron, selanjutnya elektron pada atom sebelumnya berpindah pada atomyang bermuatan positip begitulah seterusnya. Hasilnya ialah pergerakan elektron dari ujung-ujung tembaga yang  mempunyai muatan negatif menuju tembaga yang bermuatan positif yang disebut aliran elektron.
  4. Berdasarkan uraian di atas maka listrik itu adalah aliran elektron dari atom ke atom pada sebuah penghantar.

Semoga Rangkuman Materi Dasar-Dasar Kelistrikan dan Magnet ini membantu pemahaman kita tentang listrik dan kemagnetan.

elektronika | July 3rd, 2011 | 1 Comment
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags