Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Rapat Arus :: Pengertian dan Rumus Rapat Arus

Rapat Arus :: Pengertian dan Rumus Rapat Arus – Hadir kembali di blog Elektronika Industri yang kali ini akan mengupas tentang Pengertian dan Rumus Rapat Arus dimana pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang  Macam Arus Listrik. Untuk lebih detailnya mari kita simak artikel di bawah ini.

Pengertian dan Rumus Rapat Arus

Rapat Arus :: Pengertian dan Rumus Rapat Arus

Rapat Arus :: Pengertian dan Rumus Rapat Arus

Rapat arus adalah besarnya arus yang mengalir pada setiap mm2 luas penampang penghantar listrik yang diukur dengan satuan ampere per mm2 (A/mm2), yang dapat dirumuskan :  S=1/q , dimana  S : rapat arus (A/mm2), I : kuat arus (A) dan q : luas penampang penghantar (mm2).

Contoh soal rapat arus

Kawat dengan penampang sebesar 2 mm2 dilalui arus listrik sebesar 1 ampere, akan mempunyai rapat arus yang sama dengan rapat arus dari sebuah kawat yang berpenampang 6 mm2 dengan kuat arus sebesar 3 ampere.

Perhatikan :   St = I/qt = 1/2 = 0,5 A mm2   dengan      S2 = I/q2 = 3/6 = 0,5 A mm2

Demikianlah informasi tentang Pengertian dan Rumus Rapat Arus dari Elektronika Industri. Jangan lupa share ke temen-temen yang lain ya melalui facebook, twitter dan googleplus. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan pengunjung blog ini mengenai Pengertian dan Rumus Rapat Arus.

Rapat Arus :: Pengertian dan Rumus Rapat Arus

elektronika | April 21st, 2013 | 1 Comment
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags