Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Soal dan Kunci Jawaban Alat Ukur Elektronika

Soal dan Kunci Jawaban Alat Ukur Elektronika

Tes Formatif

1)    Jelaskan teknik pegukuran arus!

2)    Jelaskan teknik pegukuran tegangan!

3)    Jelaskan teknik pegukuran daya!

4)    Jelaskan teknik pegukuran impedansi!

5)    Jelaskan teknik pegukuran luminansi!

Kunci Jawaban

1)    Teknik pengukuran arus

Arus diukur dengan menggunakan amper meter atau AVO meter. Sebelum melakukan pengukuran posisikan pada batas ukur tertinggi baru kemudian diturunkan untuk memudahkan pembacaan. Letakkan alat ukur sesuai dengan posisi yang disyaratkan sesuai simbol yang ada, lihat jarum secara tegak untuk menghindari kesalahaan pembacaan. Apabila menggunakan AVO meter atur selektor pada posisi DcmA. Untuk kemudian sama caranya sebagaimana menggunakan amper meter. Amper meter harus dipasang secara seri terhadap beban.

2)    Teknik pengukuran tegangan

Tegangan diukur menggunakan volt meter atau AVO meter. Sebelum melakukan pengukuran posisikan pada batas ukur tertinggi baru kemudian diturunkan untuk memudahkan pembacaan. Letakkan alat ukur sesuai dengan posisi yang disyaratkan sesuai simbol yang ada, lihat jarum secara tegak untuk menghindari kesalahaan pembacaan. Apabila menggunakan AVO meter atur selektor pada posisi DCV untuk mengukur tegangan DC dan pada posisi ACV untuk mengukur tegangan AC. Untuk kemudian sama caranya sebagaimana menggunakan volt  meter. Volt meter harus dipasang secara paralel terhadap beban.

3)    Teknik pengukuran daya

Daya diukur dengan menggunakan watt meter. Adapun cara penyambungannya adalah dengan cara kumparan arus dipasang seri dan kumparan tegangan dipasang paralel. Pilih batas ukur yang sesuai dan poisiskan watt meter sesuai dengan siimbol yang ada.

4)    Teknik pengukuran impedansi

Impedansi diukur dengan menggunakan rangkaian ekilvalen yang terdiri dari ampermeter

5)    Teknik pengukuran luminasi

Luminasi diukur dengan mengunakan lux meter. Adapun cara penggunaannya adalah dengan mendekatkan lux meter ke dekat sumber cahaya dan serta merta lux meter akan menunjukkan besarnya intensitas cahaya yang diukur.

Soal dan Kunci Jawaban Alat Ukur Elektronika

elektronika | December 2nd, 2012 | No Comments
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags