Elektronika Industri

Elektronika Dasar, Elektronika Digital, Rangkaian Elektronika, Komponen Elektronika, Download Materi Elektronika

Usaha Panas :: Pengertian Usaha Panas

Usaha Panas :: Pengertian Usaha Panas – Hadir kembali di blog Elektronika Industri yang kali ini akan mengupas tentang Usaha Panas :: Pengertian Usaha Panas dimana pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang  Pengertian Usaha dan Daya Listrik. Untuk lebih detailnya mari kita simak artikel di bawah ini.

Pengertian Usaha Panas

Usaha Panas :: Pengertian Usaha Panas

Usaha Panas :: Pengertian Usaha Panas

Sebuah benda apabila dipanasi, maka akan naik suhunya pada benda tersebut. Bila benda yang dipanasi kecil maka banyak panas yang diberikan akan kecil, sebaliknya untuk benda yang besar panas yang diberikan akan besar pula.

Besarnya panas 1 kalori adalah banyak panas yang diperlukan untuk dapat menaikkan suhu air 1 gram (1 cm3) setinggi 10C.

Jika kepada air 2 liter (1 liter = 1 kg) diberikan panas 4 kilo kalori (1 kkal = 1000 kal), maka besar kenaikkan suhu air menjadi :

Banyak panas (Q) yang dibutuhkan untuk menaikkan 10C suhu air 1 kg tidak sama dengan panas yang diperlukan untuk menaikkan suhu tembaga yang sama beratnya (1 kg). Banyaknya kalori yang diperlukan untuk menaikkan 10C suhu 1 kg bahan disebut : panas jenis (pj) bahan itu.

Jadi,  Banyak panas = berat benda (kg) x panas jenis x kenaikkan suhu (0C)

Dirumuskan :

Dengan  Q : banyak panas (kkal), B : berat benda (kg), panas jenis, T1 : suhu rendah (0C), dan T2 : suhu tinggi (0C).

Demikianlah informasi tentang Pengertian Usaha Panas dari Elektronika Industri. Jangan lupa share ke temen-temen yang lain ya melalui facebook, twitter dan googleplus. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan pengunjung blog ini mengenai Pengertian Usaha Panas.

Usaha Panas :: Pengertian Usaha Panas

elektronika | April 25th, 2013 | No Comments
Share
     
Pin It  
  • Artikel Terbaru

  • Produk kacang mete

  • Tags